Senin, 04 Mei 2020

SIMULASI DAN PEMODELAN SISTEM ANTRIANSimulasi dan Pemodelan (Noer Syawal_201731245_SIMPEL_E1)

SIMULASI & PEMODELAN


A. Definisi Simulasi dan Permodelan
Pemodelan Berasal dari kata pemodelan dan system. Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, system, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk system), model citra (gambar,
komputerisasi,grafis dll), atau rumusan matematis. Sedangkan Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yangdihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau system. MenurutAnatol Rapoport Sistem adalah “satu kesatuan yang berfungsi sebagai satu kesatuan karena bagian-bagian yang saling bergantung dan sebuah metode yang bertujuan menemukan
bagaimana system ini menyebabkan system yang lebih luas yang disebut system teori umum”
Jadi apa yang disebut dengan Pemodelan Sistem ? Pemodelan Sistem adalah suatu bentuk
penyederhanaan dari sebuah elemen dan komponen yang sangat komplek untuk
memudahkan pemahaman dari informasi yang dibutuhkan. Sedangkan Simulasi diartikan sebagai teknik menirukan atau memperagakan kegiatan berbagai
macam proses atau fasilitas yang ada di dunia nyata. Fasilitas atau proses tersebut disebut
dengan system, yang mana didalam keilmuan digunakan untuk membuat asumsi-asumsi
bagaimana system tersebut bekerja.
Untuk melihat bagaimana system tersebut bekerja maka dibuat asumsi-asumsi, dimana
asumsi-asumsi tersebut biasanya berbentuk hubungan matematik atau logika yang akan
membentuk model yang digunakan untuk mendapatkan pemahaman bagaimana perilaku
hubungan dari system tersebut. Jika hubungan yang membentuk model cukup system, hubungan tersebut bisamenggunakan metode matematik (seperti aljabar, kalkulus atau teori probabilitas) untukmendapatkan informasi yang jelas setiap permasalahan tertentu, system ini disebut dengan solusi analitik

B. Pengaplikasian simulasi dan pemodelan

Pada hakekatnya banyak sekali contoh-contoh bentuk dari pengaplikasian dari simulasi itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Disini kita akan membahas simulasi komputer dalam kehidupan sehari-hari diantara nya :
1. simulasi terbang (flight simulation),
2. simulasi sistem ekonomi makro,
3. simulasi sistem perbankan,
4. simulasi antrian layanan bank (service queue),
5. simulasi game strategi pemasaran (market game),
6. simulasi perang (wargame simulation), simulasi mobil (car simulation),
7. simulasi tenaga listrik (power plan simulation),
8. simulasi tata kota (sim city).
9. Simulasi waktu nyata (real time) merupakan bagian dari ilmu informatika (teknologinformasi) yang sedang berkembang sangat pesat saat ini.

C. PERMODELAN DALAM SISITEM ANTRIAN

Pemodelan adalah proses pembentukan model dari system dengan menggunakan bahasa formal tertentu. Antrian merupakan proses yang sering di jumpai pada operasi bisnis, seperti perbankan, restoran, pom bensin dan lain sebagainya, dimana waktu kedatangan pelanggan dan waktu pelayanan yang berubah-ubah. Pada antrian prinsip yang digunakan adalah “Masuk Pertama Keluar Pertama” atau FIFO (First In First Out) atau FCFS ( First Come First Served).


· Prosedur Antrian

1.Tentukansistem antrian yang harus dipelajari
2. Tentukan model antrian yang cocok
3. Gunakan formula matematik atau metode simulasi untuk menganalisa model antrian
Komponen ystem antrian

1. Populasi masukan
Berapa banyak pelanggan potensial yang masuk system antrian

2. Distribusi kedatangan
Menggambarkan jumlah kedatangan per unit waktu dan dalam periode waktu tertentu berturut-turut dalam waktu yang berbeda

3. Disiplin pelayanan
Pelanggan yang mana yang akan dilayani lebih dulu : a. FCFS (first come, first served) b. LCFS (last come, first served) c. Acak d. prioritas

4. Fasilitas Pelayanan
Mengelompokkan fasilitas pelayanan menurut jumlah yang tersedia :
a. Single-channel
b. multiple-channel

5. Distribusi Pelayanan
a. Berapa banyak pelanggan yang dapat dilayani per satuan waktu
b. Berapa lama setiap pelanggan dapat dilayani

6. Kapasitas system pelayanan
Memaksimumkan jumlah pelanggan yang diperkenankan masuk dalam system

7. Karakteristik system lainnya
Pelanggan akan meninggalkan system jika antrian penuh, dsb

Notasi dalam system antrian
n = jumlah pelanggan dalam system
Pn = probabilitas kepastian n pelanggan dalam system
λ = jumlah rata-rata pelanggan yang system persatuan waktu
µ = jumlah rata-rata pelanggan yang dilayani per satuan waktu
Po = probabilitas tidak ada pelanggan dalam system
p = tingkat intensitas fasilitas pelayanan
L = jumlah rata-rata pelanggan yang diharapkan dlm system
Lq = jumlah pelanggan yang diharapkan menunggu dalam antrian
W = waktu yang diharapkan oleh pelanggan selama dalam system
Wq = waktu yang diharapkan oleh pelanggan selama menunggu dalam antrian
1/µ = waktu rata-rata pelayanan
1/λ = waktu rata-rata antar kedatangan
S = jumlah fasilitas pelayanan

Daftar Pustaka :
http://newyulisiregar4.blogspot.com/2017/08/makalah-simulasi-dan-permodelan.html
http://al-aliyah.blogspot.com/2011/12/simulasi-pemodelan-pengaplikasian-dalam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar