SIMULASI PELAYANAN KASIR SWALAYAN
RESKI FEBRINA SARIDEVI
Keterangan Gambar :
i : pelanggan/ customer
Antrian merupakan salah satu fenomena yang terjadi dalam aktifitas
sehari-hari dialami oleh pelanggan. Akibat dari antrian ini banyak
pelanggan beralih ke tempat lain untuk menghindari suatu antrian dan
untuk
mendapatkan pelayanan yang lebih maksimal walaupun harus mengeluarkan
biaya yang lebih relatif besar. Software Arena merupakan alat yang
fleksibel dalam analisis untuk membuat model simulasi animasi
yang secara akurat . Ruang lingkup dan batasan studi, yaitu:
-Studi hanya membahas pelayanan pada bagian kasir saja.
-Data yang diambil adalah waktu kedatangan pengunjung dan waktu service kasir.
-Pengamatan dilakukan pada hari Jumat, dan diasumsikan telah mewakili untuk seluruh hari pada sistem.
-Pengamatan hanya dilakukan dua jam, yaitu pada pukul 19.00-21.00.
-Diasumsikan tidak ada pelanggan yang membatalkan transaksi.
-Kasir dan pembantu kasir dianggap sebagai satu server.
-Tidak ada prioritas server.
-Sistem pelayanan FIFO dengan dua antrian.
j : server
To : waktu awal simulasi
TAj : waktu kedatangan
pelanggan-i ke sistem server-j
TSj : waktu sampai pelanggan-i
pada server -j
TQj : waktu tunggu pelanggan-i
pada server-j
TP : waktu proses
TDj : waktu keberangkatan
pelanggan-i dari server -j
Gambar 2. Event graph simulasi sistem
LANDASAN TEORI
Ss : Jumlah server yang idle
Qi : Jumlah pelanggan
yang mengantri
Adapun langkah-langkah dalam melakukan validasi model simulasi ialah sebagai berikut:
1. Membangun sebuah model dengan usaha melibatkan informasi semaksimal mungkin.
2. Menguji asumsi-asumsi model secara empiris. Jika distribusi
probabilitas secara teoritis cocok dengan observasi dan digunakan
sebagai input untuk model simulasi, dapat diuji dengan pembuatan grafik
dan uji goodness-of-fit.
3. Menentukan seberapa representatif output Simulasi. Prosedur Statistik
untuk membandingkan data output dari observasi dunia nyata dan
simulasi.
METODOLOGI PENELITIAN
Ada empat tahap yang dilakukan pada penelitian ini, yaitu :
a. Berbelanja: aktifitas sehari-hari.
b. Citra Swalayan: Salah satu swalayan yang banyak dikunjungi.
c. Permasalahan kepuasan konsumen: ketersediaan produk, pelayanan, fasilitas.
d. Studi Simulasi : usulan perbaikan sistem pada kasir citra swalayan bandar buat.
Entitas dalam metodologi ini yaitu pengunjung, kasir, dan item belanja.
Ukuran Kinerja dalam penelitian yang dilakukan yaitu jumlah pengunjung
yang selesai dilayani, lama pengunjung dalam antrian. Analisis Input,
Control, Output, dan MechanisME.
Activity Cycle Diagram (ACD) berguna untuk memperlihatkan keterkaitan
antar kegiatan. Berikut ini adalah aktivitas yang terjadi didalam sistem
pada swalayan:
HASIL DAN PEMBAHASAN
Berikut ini merupakan data yang diambil langsung dari lapangan
KESIMPULAN DAN SARAN
Gambar 1. Activity Cycle Diagram pada Kasir 1 dan 2
Berdasarkan simulasi yang dibuat maka dapat disimpulkan bahwa untuk
mengurangi lama waktu mengantri di Swalayan dan untuk memaksimalkan
jumlah konsumen yang dapat dilayani, maka dapat dilakukan perbaikan
dengan cara menambah jumlah server, sehingga lama waktu menunggu dapat
diminimasi dan jumlah konsumen yang dilayani bisa meningkat.
Saran untuk pengebangan penelitia selanjutnya adalah sebagai berikut:
1. Pengambilan data juga dilakukan untuk seluruh hari, agar simulasi yang dibuat dapat mewakili system nyata.
2. Memperbaiki animasi pada simulasi yang dibuat.
DAFTAR PUSTAKA : https://prezi.com/zlet38y8okj2/simulasi-pelayanan-kasir/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar